PAMSIMAS SUMBAWA**Air adalah sumber kehidupan, maka jaga dan peliharalah sumber air. Pamsimas III Sumbawa: SOSIALISASI PAMSIMAS III KAB. SUMBAWA 2017

SOSIALISASI PAMSIMAS III KAB. SUMBAWA 2017



 
Soskab Pamsimas III Kab. Sumbawa
Bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Sumbawa, Kegiatan Sosialisasi PAMSIMAS III telah di laksanakan pada hari Senin tanggal 24 Juli Tahun 2017. Kegiatan ini di hadiri oleh unsur SKPD lingkup Pemerintahan Kabupaten Sumbawa yaitu unsur Bappeda bidang Sosbud, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Kesehatan, PDAM Sumbawa serta Camat lokasi Pamsimas dan Kepala Desa yang mendapat undangan.
Acara dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa Ir. Iskandar, M.Ec, Dev, dalam sambutanya menyampaikan bahwa Untuk mencapai target 100% air minum akan dibutuhkan investasi yang tidak sedikit, sehingga diperlukan sumber pendanaan non APBN (seperti APBD, kerjasama pihak swasta, dll). PAMSIMAS III merupakan instrumen pelaksanaan 2 agenda nasional dalam rangka meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan. Kegiatan ini merupakan tahap awal proses penjaringan minat untuk pemilihan desa yang akan melakukan penyusunan Rencana Kerja Masyarakat (RKM) pada tahun 2017 dan akan diusulkan menjadi desa penerima Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Program Pamsimas III Tahun 2018.
Ikram Mubarak S.STP., M.AP selaku Ketua Pakem menjelaskan bahwa jumlah desa yang diharapkan terjaring kali ini sebanyak 25 desa baru dan 2 desa pasca (lama). “Khusus untuk desa pasca (lama) BLM yang diberikan akan dialokasikan untuk kegiatan peningkatan dan perluasan pelayanan sarana air bersih dan sanitasi hingga 100% akses desa. Jumlah BLM yang akan diberikan bergantung pada kebutuhan desa dan diasumsikan oleh pemerintah pusat sebesar Rp. 245.000.000 per desa, dengan komposisi dana terdiri dari BLM APBN, dana APBD Kabupaten, APBDes, In Cash dan In Kind masyarakat,”.
Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Ika Putria Susanti, ST selaku SF Program Pamsimas Sumbawa dengan narasumber Ikram Mubarak, S.STP., M.AP selaku Ketua Panitia Kemitraan, Ibu Titik Soeprijati selaku Perwakilan dari Kooordinator PAMSIMAS Provinsi NTB, Bapak Yul A, Hadi. SA, ST selaku PPK Pamsimas dan Mas’ul Ikhwan, ST selaku Koordinator Kabupaten Pamsimas Kabupaten . Kesimpulan dalam sesi tanya jawab yang di sampaikan oleh Ketua Pakem bahwa Panitia Kemitraan (Pakem) akan menilai kelayakan Proposal, Surat minat terhadap Pamsimas,  RKM masing – masing desa dan menetapkan nilai BLM untuk masing – masing desa.
Kegiatan Sosialisasi ini sendiri dihadiri oleh 27 Desa di Kabupaten Sumbawa, terbentang dari desa timur wilayah Sumbawa hingga desa wilayah barat. (bjo)

Tim Pamsimas III Sumbawa

Tim PAMSIMAS III SUMBAWA

Tim PAMSIMAS III Sumbawa